Daisypath Friendship tickers

Minggu, 11 November 2012

Cara Update Firmware UNO



Jika aplikasi yang Anda buat terkendala dengan komunikasi serial yang tidak berjalan mulus, mungkin ada baiknya untuk mengupdate firmware Arduino UNO. Langkah ini berguna pula untuk menuntaskan masalah pada board yang mengalami error saat menjalankan aplikasi serial yang ditandai dengan terus menyalanya led TX. Berikut langkah-langkahnya :

Download firmware terbaru UNO di link berikut ini
Pastikan Anda meng-click firmware yang tepat. Lalu click "raw", dan save file tersebut di komputer Anda (ingat, ekstensionnya adalah .hex)

Sebelum melangkah lebih jauh, Anda akan membutuhkan package utility yang bernama dfu-programmer. Untuk menginstallnya cukup ketikkan perintah berikut pada mode terminal :
> sudo apt-get install dfu-programmer

Selanjutnya adalah mengaktifkan UNO pada mode DFU. Ada beberapa cara untuk mengaktifkan mode DFU, tapi kami merekomendasikan langkah-langkah sebagai berikut :
Letakkan dua kabel pada pin GND di masing-masing sisi board UNO (atas dan bawah). Sambungkan ujung kabel pertama ke kiri atas pad ICSP yang berada di atas IC ATmega 8u2. Sambil menahannya tetap tersambung, sekarang sambungkan ujung kabel kedua ke sisi sebelah kiri dari resistor SMD yang berada di bawah led RX. Jika keduanya sudah tersambung, perlahan lepaskan keduanya.

Ok. Sekarang UNO telah berada pada mode DFU. Langkah selanjutnya adalah memasukkan firmware yang terupdate. Ketikkan perintah berikut pada mode terminal :

> sudo dfu-programmer at90usb82 erase
> sudo dfu-programmer at90usb82 flash --debug 1 Arduino-usbserial-uno.hex
> sudo dfu-programmer at90usb82 reset

Terakhir, cabut kabel USB. Tunggu beberapa saat, kemudian masukkan kembali. Dan saat ini UNO Anda telah terpasang firmware terupdate dan kembali pada mode Normal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar